Saturday, 24 October 2020

[TUGAS] Pembuatan Company Profile

Company Profile

Company Profile atau dalam bahasa Indonesia-nya adalah Profil Perusahaan, merupakan deskripsi ringkas atas suatu perusahaan yang menggambarkan informasi perusahaan, bidang produk / jasa perusahaan, status perusahaan, statistik perusahaan, kelebihan perusahaan, dan rencana masa depan perusahaan. Tujuan dibuatnya profil perusahaan adalah untuk memberikan gambaran umum mengenai perusahaan tersebut, apa yang perusahaan perbuat, siapakah mereka, sejarah perusahaan, dan visi misi perusahaan. Fungsi lain dari dibuatnya profil perusahaan adalah sebagai publikasi dan upaya pemasaran.

Membuat Company Profile

Untuk membuat profil perusahaan ada beberapa elemen wajib yang diperlukan yaitu

  • Cover Depan
  • Tentang Kami / Sejarah Perusahaan (About Us)
  • Visi dan Misi Perusahaan
  • Produk / Jasa Perusahaan
  • Kelebihan Perusahaan / Mengapa Memilih Kami
  • Cover Belakang & Informasi Kontak

Kemudian ada beberapa elemen opsional (tambahan) yang dapat menambah kualitas profil perusahaan, seperti

  • Kata Pengantar
  • Anggota Tim
  • Pengalaman / Klien Perusahaan
  • Galeri Foto
  • Testimoni
  • Informasi Tambahan

Dalam membentuk profil perusahaan, perlu diperhatikan hal-hal berikut agar profil yang dibuat adalah profil yang berkualitas :

  1. Desain company profile harus terlihat menarik, elegan, dan profesional. Pergunakan warna yang sesuai dengan logo perusahaan untuk memperkuat upaya branding.
  2. Isi dan susunan company profile terlihat jelas, rapi, singkat, dan jelas. Untuk pembuatan dan penulisan company profile itu sendiri bisa diserahkan pada para profesional yang telah memiliki pengalaman dalam bidang ini.
  3. Wajib mencantumkan semua poin-poin penting yang berkaitan dengan perusahaan sebagai sumber informasi yang kredibel.
  4. Company profile dalam bentuk cetak sebaiknya menggunakan material dan bahan cetak berkualitas.
  5. Terdapat foto, gambar, ataupun ilustrasi untuk membantu menjelaskan informasi yang ada

Perlu diperhatikan, isi dari company profile harus dijaga agar tetap singkat, padat, sederhana, terstruktur, dan sistematis. Kemudian dalam penulisannya gunakan font dan format yang nyaman dicbaca, kemudian gunakanlah sudut pandang yang sesuai dengan target pasar. Ada baiknya pula, sebelum dirilis, company profile di-review terlebih dahulu oleh pihak lain.

Sumber

  • https://qwords.com/blog/contoh-company-profile/
  • https://karinov.co.id/contoh-company-profile-perusahaan/
  • https://blog.sribu.com/id/apa-itu-company-profile/

No comments:

Post a Comment