Tuesday, 9 October 2018

User Interface E-Learning : Sarana Pembelajaran Membaca Bagi Anak-Anak Usia 3-5 Tahun (Softskill Gunadarma)


Halo, di postingan saya kali ini saya hendak berbicara soal tugas untuk mata kuliah softskill saya. Tugasnya, saya bersama teman kelompok saya akan membuat gambaran sebuah aplikasi E-Learning yang ditujukan untuk anak-anak. Untuk itu, kelompok saya memilih untuk menargetkan anak-anak usia 3-5 tahun dalam belajar membaca dan mengenal nama-nama hewan. Kami memilih pertimbangan tersebut karena kami yakin masa pertumbuhan paling penting adalah pada masa anak-anak sudah mulai belajar membaca, agar kelak ketika mereka tumbuh besar mereka dapat mencari bahan bacaan yang mereka sukai.
Aplikasi ini akan terdiri dari halaman utama, halaman daftar hewan, halaman belajar, dan halaman kuis. Halaman awal berupa halaman pertama yang akan muncul ketika aplikasi ini dibuka. Halaman daftar hewan adalah daftar isi yang berisi gambar dan nama hewan. Halaman belajar adakah halaman yang akan mengajarkan ejaan, gambar, dan suara hewan. Sedangkan halaman kuis adalah halaman yang akan menyediakan sebuah permainan sederhana kepada pemain dari hewan-hewan yang sudah diulas di aplikasi ini.
Cara memainkan aplikasi ini cukup mudah. Untuk berganti halaman awal ke halaman daftar hewan cukup menekan button Play di halaman awal. Untuk masuk ke halaman belajar cukup klik pada gambar hewan dan play. Ketika berada di halaman belajar ini, kita dapat melihat tata cara pengejaan hewan tersebut dan mendengar suara hewannya. Sedangkan pada halaman kuis, pemain akan diajak untuk menebak rupa hewan dari suara yang diperdengarkan kemudian mengklik gambar hewan yang tepat.
Nah, dalam karya ini tugas saya adalah menambahkan suara-suara hewan. Kenapa harus menambahkan suara hewan? Agar anak-anak tidak hanya mengenal hewan dari wujudnya saja tapi juga dari suaranya. Selain itu, suara dapat menjadi pengenalan interaktif kepada anak-anak dalam mengenal hewan-hewan.
Berikut adalah preview halaman awal aplikasi tersebut.



No comments:

Post a Comment