Halo, di postingan saya kali ini saya hendak
berbicara soal tugas untuk mata kuliah softskill saya. Tugasnya, saya bersama
teman kelompok saya akan membuat gambaran sebuah aplikasi E-Learning yang
ditujukan untuk anak-anak. Untuk itu, kelompok saya memilih untuk menargetkan
anak-anak usia 3-5 tahun dalam belajar membaca dan mengenal nama-nama hewan.
Kami memilih pertimbangan tersebut karena kami yakin masa pertumbuhan paling
penting adalah pada masa anak-anak sudah mulai belajar membaca, agar kelak
ketika mereka tumbuh besar mereka dapat mencari bahan bacaan yang mereka sukai.
Aplikasi ini akan terdiri dari halaman utama,
halaman daftar hewan, halaman belajar, dan halaman kuis. Halaman awal berupa
halaman pertama yang akan muncul ketika aplikasi ini dibuka. Halaman daftar
hewan adalah daftar isi yang berisi gambar dan nama hewan. Halaman belajar
adakah halaman yang akan mengajarkan ejaan, gambar, dan suara hewan. Sedangkan halaman
kuis adalah halaman yang akan menyediakan sebuah permainan sederhana kepada pemain
dari hewan-hewan yang sudah diulas di aplikasi ini.
Cara memainkan aplikasi ini cukup mudah. Untuk berganti
halaman awal ke halaman daftar hewan cukup menekan button Play di halaman awal. Untuk masuk ke halaman belajar cukup klik
pada gambar hewan dan play. Ketika berada
di halaman belajar ini, kita dapat melihat tata cara pengejaan hewan tersebut
dan mendengar suara hewannya. Sedangkan pada halaman kuis, pemain akan diajak
untuk menebak rupa hewan dari suara yang diperdengarkan kemudian mengklik
gambar hewan yang tepat.
Nah, dalam karya ini tugas saya adalah
menambahkan suara-suara hewan. Kenapa harus menambahkan suara hewan? Agar
anak-anak tidak hanya mengenal hewan dari wujudnya saja tapi juga dari suaranya. Selain itu, suara dapat menjadi pengenalan interaktif kepada anak-anak dalam
mengenal hewan-hewan.
Berikut adalah preview halaman awal aplikasi tersebut.
No comments:
Post a Comment